Senin, 06 Juli 2015

Pre-Start Up

Mari kita lanjutkan ulasan lebih mendalam pada tingkatan wirausaha, yang disadur dari presentasi Kementrian Koperasi dan UKM RI.

Pada ulasan sebelumnya tentang tingkatan wirausaha ada beberapa kelas atau tingkatan pada wirausaha Indonesia yaitu :

-             Pre-Start Up
-             Start Up
-             Survival
-             Growth
-             Matang

Kali ini saya mau mengulas lebih dalam tentang tingkatan wirausaha. Semoga dapat menjadi masukan bagi kawan-kawan UKM Indonesia semua.

Pre-Start Up

Pre-Start Up adalah tingkatan wirausaha yang paling dasar, dimana pelaku usahanya belum memiliki usaha tapi sudah berangan-angan untuk memiliki usaha yang real.

-  -         Pelaku usaha pada tingkatan ini cenderung memiliki gagasan usaha yang luas dan bisa dikatakan sporadis dan kemana-mana. Tapi belum ada kejelasan dalam gagasan bisnisnya.

- -          Produk atau jasa yang mau dijual masih bermacam-macam dan hampir semuanya berada dalam wacana “AKAN” tapi para pelaku usahanya masih bingung “AKAN bikin produk apa?” “AKAN jual jasa apa?”

-  -          Pasar yang ingin dituju pada tingkatan ini juga masih belum terlalu jelas. Mau jual ke segmen korporasi atau mau jual ke segmen retail. Mereka masih ingin menyasar semua pasar dengan harapan mana yang lebih menjual itu yang akan diteruskan, mana yang lebih sedikit itu yang akan ditinggalkan.

-  -         Biasanya para pelaku usaha pada tingkatan ini memiliki motivasi yang menggebu-gebu. Mereka terkadang over confidence atas apa yang mereka pikirkan. Motivasi yang dimiliki ini juga sering berawal dari seminar-seminar motivasi yang diikuti tapi tidak diterapkan.

-  -         Intuisi lebih dominan dan terkadang hal-hal yang bersifat rasional terabaikan yang justru malah membuat para pelaku usaha terjebak dalam bayangan indah mereka akan bisnis.

-  -        Para pelaku usaha pada tingkatan ini sering sekali mengabaikan peran sumberdaya manusia dan kemampuan dari SDM itu sendiri. Mereka sering merasa mampu melakukannya sendiri tanpa perlu bantuan, pemikiran atau opini kerabat lainnya.

Pre-Start Up adalah tingkatan dimana mental seorang pengusaha diuji pada pertama kalinya. Banyak berpikir banyak menghayal tapi tidak ada action yang konkrit dari hayalan itu.

Bagi kita yang masih berada pada tingkatan ini, dapat segera mengakhirinya dan beralih untuk melakukan tindakan nyata dalam mewujudkan bisnis kita yang sesungguhnya.

Salam,
-cyp-
@chandra.yanpermadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar